Senin, 16 Mei 2011

Ke Pasar Malem Tcap Toendjoengan Beli Lontong Kupang

Udah pada ke Pasar Malem Tcap Toendjoengan blom???


Minggu sore seusai siaran saya menghabiskan waktu disana, katanya sih malam terakhir, jadi harus dateng nih. Tapi setelah pulang dari sana saya dapat kabar dari temen kalau acaranya diperpanjang sampai satu minggu ke depan, jiiiiaaaah...padahal duit dah abis buat ngeborong jajanan malam itu juga. Hiks hiks. Tenang...tenang.... masih ada dana cadangan.

Tadi malem merupakan malam kedua kalinya saya ke pasar malam yang ada di samping SOGO itu. Alasan dateng kesana satu-satunya cuma pengen makan lontong kupang. Malam pertama makan lontong kupang, malam kedua lontong kupang lagi. Abis enak sih. Dah pernah makan lontong kupang blom? Coba deh. Rasanya enak banget. Tapi ada juga sih yang ngerasa aneh dengan makanan yang satu ini, ada juga yang ga tawar, bisa-bisa sakit perut. Untuk itulah disarankan minum kelapa muda setelah makan lontong kupang. 


Makan lontong kupang jadi inget masa kecil saya. Saat pertama kali mencoba makanan khas Surabaya ini saya agak ogahan, apalagi liat betuknya yang aneh, kecil-kecil dan banyak. Tapi entah ini konyol atau kreatif nenek saya menambahkan daging kepiting dalam kupang lontong. Karena saya suka daging kepiting akhirnya saya mau ketika disuapi lontong kupang plus irisan daging kepiting. Padahal kupang lontong dicampur kepiting ga ada dalam sejarah. Tapi sejak itulah saya jadi jatuh hati dengan lontong kupang. Bertahun-tahun kemudian saya tidak pernah lagi merasakan lagi nikmatnya lontong kupang. Entah karena lupa atau karena lontong kupang hanya ada di daeran nun jauh disana (dekat pantai kenjeran) yang males susah saya jangkau.  Sampai suatu ketika, saat saya menghadiri peresmian gedung baru di salah satu rumah sakit di Surabaya, saya melihat ada lontong kupang disana yang mampu bikin saya ngiler waktu mengantri. Dan ketika saya makan, hmmm...enak tenan. Tanpa rasa malu saya ampe nambah dua kali! Nah itulah terakhir saya makan lontong kupang sebelum ke Pasar Malem Tcap Toenjoengan.

Saya dan suapan terakhir lontong kupang di pasar malam, 

Setelah kenyang makan lontong kupang plus sate kerang dan minum es degan, saya dan teman-teman langsung cabut buat liat atraksi di panggung pasar malam. Wah ada atraksi keren yang bikin saya merinding. Sekelompok pria dewasa dengan dandanan yang seram, wajah merah, mata melotot, berkumis tebal, dengan kancing baju hitam yang dibiarkan terbuka. Sangar, menakutkan, tapi itulah seni dari tarian reoq. Setelah tampil beberapa tarian lainnya dan atraksi menyeramkan, tampillah yang sudah saya tunggu-tunggu, Reog. Waktu kecil saya paling suka liat reoq, malah dulu saya pernah request ke nyokap kalo kakak menikah saya ingin mereka bikin pertunjukan reoq, alhasil kakak saya jingkrak-jingkrak jijaj dengan ide innocent konyol saya.


Lanjut setelah nonton atraksi yang disajikan oleh pasar malam, saya dan teman-teman jalan-jalan mengitari jajanan yang ada disana. Ada tahu pong, sebenarnya ga terlalu kepengen tapi koq ya pengen beli, akhirnya belilah saya satu porsi dimakan sambil jalan melihat jajanan lainnya. Ada juga coklat asli Surabaya loh namanya Suoklat (Suroboyo Coklat), ini dia stannya: 


Foto-foto yang ditampilkan kurang mengesankan, wajar saja saya pake kamera hp. Ga bawa kamera beneran karena awalnya emang ga ada planning.
Disamping stan Suoklat ada terang bulang mini yang imut dan lucu, 

Sewaktu saya dan teman-teman lewat di depan stan terang bulan ini pramusaji menawarkan tester terang bulan, dan ternyata emang enak banget. Akhirnya belilah saya satu porsi terang bulan 7 rasa.






Foto terang bulannya blur, payah nih yang ambil gambar, but don't judge a taste by its picture!!! Karena percayalah rasanya super duper enak. Dibandingkan dengan harganya yang hanya Rp 10.000,00, terang bulan ini terhitung murah karena rasanya yang terlalu enak. Masih di tempat yang sama, saya tergoda dengan jamur crispy yang sempet saya cicipi dari displaynya (padahal ga untuk dicicipi, tapi cece nya baik hati, saya diambilin satu biji, padahal pengennya dikasih ngicipin satu bungkus) hahaha.


Gambar diatas jamur crispy yang saya cicipi, padahal itu bukan tester tapi makanan yang dibuat display, wkwkwkw :D

Setelah kenyang, nonton tarian reoq, dan puas mborong jajanan, saya dan teman-teman memutuskan pulang. Sudah malam, besok harus kerja nih. Di rumah, lanjut menikmati jajanan yang saya beli di Pasar Malam Tcap Toenjoengan. Sering-sering aja deh ada acara kayak gini. Seru!

0 komentar:

Posting Komentar

 

blush ON blush Copyright © 2015 -- Powered by Blogger