Minggu, 20 Oktober 2013

Jancuk Pedesnya atau Jancuk Mahalnya???

Off day kemarin (off day nya saya), 17 Oktober 2013, saya dan keponakan seru-seruan bikin acara menantang. Yaitu, makan Nasi Goreng Jancuk. Dinamakan Nasi Goreng Jancuk karena nasi goreng ini tingkat kepedasannya menggelegar. Luaarrrr biasssaaa.

Awalnya, saya pikir yang namanya Nasi Goreng Jancuk ini dijual di gerobak atau warung, karena mengingat "judul" makanannya yang kurang ekslusif, apalagi saya juga berasumsi kalau hidangan sekelas hotel nggak mungkinlah menyajikan masakan ekstrim seperti itu. Tapi ternyata saya salah, karena nasi goreng jancuk ini adalah menu masakan di resto Surabaya Plaza Hotel. 


Sebenarnya, saya bukan penggemar makanan pedas. Suka sih pedas, tapi bukan yang ekstrim. Tapi entah mengapa waktu itu lumayan penasaran sama nasi goreng yang lagi booming ini. Akhirnya, beli lah nasi goreng jancuk ini. Nasi goreng yang saya dengar-dengar perporsinya menggunakan cabai sebanyak setegah kilo ini harganya mahal juga, yaitu Rp 110.000,00. Meskipun satu porsi bisa untuk makan rame-rame, tetap saja bagi saya harganya mahal. Karena, kalau seandainya ada pembeli yang cuma mau makan sendirian gimana? Masa harus mengeluarkan duit sebesar itu untuk makanan yang saya jamin nggak bakal habis dimakan satu orang.

Selain itu, ada bebeapa hal yang bikin saya nggak sreg. Misalnya...

Pertama, waktu itu kami beli nasi gorengnya take away alias makan di rumah dan saya agak kecewa dengan penyajiannya yang menurut saya sih kurang higienis yah. Nasinya ditumplek gitu aja di wadah kardus. Sekedar usul aja sih, kalau ada staff resto yang baca tulisan saya ini, mbok ya itu nasi gorengnya dimasukin di wadah plastik yang aman, itu tuh wadah plasik kotak yang juga bisa dipake buat menghangatkan makanan di microwave. Karena biasanya, sepengetahuan saya sih, kalau saya beli nasi goreng di tempat yang rada-rada bergengsi ketika mau take away ya dikasih wadah plastik kayak tempat makan gitu. Agak risih saya makan nasi goreng yang pinggir-pinggirnya nempel di wadah kertasnya, udah gitu kertas bagian dalamnya bukan kertas minyak jadi ya pada lengket gitu. Terkesan agak rewel yah saya, tapi bukan kah wajar yah kalau kita minta pelayanan yang lebih baik dari resto yang berkelas. Kalau di warung aja sih,mungkin kita nggak usah komplain.

Kedua, ini pendapat pribadi aja sih. Menurut saya, makanan yang terlalu pedas itu menyamarkan rasa asli makanan tersebut. Jadi, ketika menikmati nasi goreng jancuk ini, saya cuma bisa merasakan pedas, udah, itu aja. Padahal, lidah saya ini juga ingin dimanjakan dengan rasa yang lain. Jadi, terlalu pedas bagi saya nggak banget. Ini memang selera yah, beberapa orang yang suka pedas bisa jadi sangat suka dengan nasi goreng jancuk ini. 

Oh iya, saya pernah dengar informasi secara sekilas, koki di negara mana gitu akan sangat tersinggung ketika pengunjung resto nya menambahkan hidangan mereka dengan sambal. Dengan menambahkan sambal, si koki merasa hidangan buatannya tidak enak, sehingga perlu disamarkan oleh rasa pedas oleh si pengunjung. Saya juga jadi ingat, pacar saya, makan dimanapun, punya kebiasaan untuk tidak mencampurnya dengan sambal terlebih dulu. Dia bilang, "ingin ngerasain rasa asli masakannya". Baru beberapa suap ketika dia puas dengan rasa asli masakan itu, dia menambahkan makanan dengan sambal.

Anyway, buat yang belum coba dan ingin coba, saya sarankan untuk cobalah. Setelah mencoba kita bisa memutuskan kita "naksir" apa nggak dengan makanan tersebut. Paling nggak punya pengalaman lah makan nasi goreng yang fenomenal ini, hehehe. Buat yang dilarang keras makan pedas demi kesehatan, sebaiknya dihindari aja kali yah dari pada berabe. Tapi yah, herannya, biasanya kalau makan pedas perut saya langusng mules, tapi kenapa yah waktu makan nasi goreng jancuk ini perut saya nggak mules sama sekali?! Yah, mungkin itulah kehebatan nasi goreng jancuk ini bagi saya, makan puedes tanpa mules ;p

0 komentar:

Posting Komentar

 

blush ON blush Copyright © 2015 -- Powered by Blogger